Contoh Cerpen Singkat

Contoh cerpen singkat dan unsur intrinsiknya – Kita pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya cerpen. Cerpen atau kependekan dari Cerita pendek merupakan salah satu bacaan yang banyak disukai orang.

Banyak orang suka membaca cerpen karena ceritanya yang pendek dan tidak menghabiskan banyak waktu. Kita bisa menemukan contoh contoh cerpen singkat di internet atau bacaan lainnya.

Dari sinilah kemudian cerpen atau cerita pendek bisa dibaca kapanpun karena tidak membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikannya.

Bahasanya yang mudah dan juga hanya fokus pada satu konflik dan tokoh, membuat cerita ini sangat cocok disajikan di segala umur, mulai anak-anak sampai dengan orang tua.  

Cara membuat cerpen sendiri juga tidak sulit. Kita bisa membuat berbagai kisah dengan cerita fiktif dan ringkas sehingga bisa dijadikan contoh cerpen singkat tentang remaja atau yang lainnya.

Sebelum kita membahas lebih jauh, sebaiknya kita simak dahulu bagaimana pengertian cerpen itu sendiri.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai contoh cerpen singkat menarik, sebaiknya kita simak dahulu video cara membuat cerpen yang baik di bawah ini:

Pengertian Cerpen

Contoh Cerpen Singkat Pengertian Cerpen
contoh cerpen singkat sehari hari

Cerpen sendiri atau cerita pendek merupakan sebuah karangan atau karya sastra  yang berbentuk prosa naratif fiktif atau fiksi.

Karya sastra ini menceritakan atau mengisahkan permasalahan yang dialami oleh tokoh secara ringkas.

Cerita atau kisah dalam cerpen dimulai dari pengenalan sampai akhir dari permasalahan yang dialami oleh tokoh tersebut. 

Dalam cerpen sendiri pada umumnya hanya mengisahkan satu permasalahan yang dialami tokoh tersebut.

Biasanya cerpen terdiri kurang dari 10.000 kata saja. Hal inilah yang membuat cerpen dapat dibaca dalam sekali duduk.

Walaupun cerpen dikatakan sebagai sebuah cerita fiktif, tetapi bisa saja itu merupakan suatu kejadian nyata yang terjadi kapanpun dan dimanapun dengan cerita yang relatif pendek.

Dalam cerpen sendiri biasanya terdiri antara 5.000 – 10.000 kata dengan cerita yang lengkap dan terpusat pada satu tokoh. 

Dalam membuat atau melihat cerpen sendiri yang paling penting merupakan perkenalan, konflik atau pertikaian dan penyelesaian dari konflik itu. Untuh lebih mudahnya kita bisa melihat contoh cerpen singkat di bawah.

Menarik Dibaca: Contoh Teks Eksplanasi

Struktur Teks Cerpen

Struktur Teks Cerpen Singkat
Gambar Struktur Teks Cerpen Singkat – Contoh Cerpen Singkat yang Menarik

Ketika kita membaca contoh cerpen singkat pengalaman pribadi seseorang, mungkin kita ingin membuat sebuah cerpen sendiri.

Dalam membuat contoh cerpen singkat, kita juga harus memperhatikan struktur-struktur yang terkandung dalam cerpen itu sendiri.

Struktur-struktur ini menjadi sangat penting agar cerpen yang kita buat bisa berkualitas dan memiliki alur yang jelas. 

Dalam struktur cerpen sendiri setidaknya ada 5 struktur dasar serta tambahan abstrak yang diperlukan untuk menyusun cerpen.

Berikut ini 5 struktur cerpen yang harus kita ketahui agar cerpen kita menjadi bagus dan menarik.

1. Abstrak

Struktur cerpen pertama adalah abstrak. Abstrak sendiri merupakan struktur tambahan dan menjadi pelengkap dalam cerpen.

Abstrak sendiri merupakan suatu pemaparan awal dari cerita yang akan disampaikan. Karena abstrak merupakan struktur tambahan, sehingga bisa jadi tidak ada dalam suatu cerpen.

2. Orientasi

Struktur selanjutnya dalam cerpen merupakan orientasi atau perkenalan.

Pada poin ini kita menjelaskan tentang latar baik waktu, tempat maupun suasana yang ada di dalam sebuah cerpen yang akan kita buat atau pun yang sedang kita baca.

3. Komplikasi

Struktur berikutnya dalam cerpen adalah komplikasi. Dalam struktur cerpen ini kita disajikan suatu paparan awal sebuah masalah yang dihadapi oleh tokoh.

Pada bagian ini kebanyakan watak dari tokoh yang diceritakan di cerpen akan dijelaskan.

4. Evaluasi

Struktur selanjutnya setelah komplikasi adalah evaluasi. Dalam struktur ini kita disajikan suatu paparan masalah yang akan semakin memuncak.

Kebanyakan puncak dari masalah tersebut ditulis dalam bagian evaluasi.

5. Resolusi

Setelah konflik yang semakin memuncak tentunya akan ada suatu solusi dalam semua cerita. Begitu pula dalam cerpen. Setelah konflik tersebut selanjutnya merupakan struktur resolusi.

Dalam struktur ini kita disajikan suatu akhir dari permasalahan yang ada di dalam cerpen serta suatu solusi dari permasalahan yang dialami oleh tokoh tersebut akan dijelaskan pada struktur ini.

6. Koda

Setelah konflik dalam cerpen selesai dengan solusi permasalahan yang ada, masih ada satu struktur yang tidak kalah pentingnya. Struktur tersebut adalah koda.

Koda sendiri merupakan pesan moral yang ada dalam sebuah cerpen yang disampaikan oleh penulis kepada pembaca. 

Nah itu tadi 5 struktur utama beserta 1 struktur tambahan dalam cerpen yang harus kita ketahui sehingga kita bisa menulis ataupun mengidentifikasi contoh cerpen singkat yang kita baca.

Setelah kita mengetahui struktur yang ada dalam cerpen, kita juga harus mengetahui apa saja unsur-unsur dalam cerpen itu.

Unsur unsur Cerpen

Unsur Intrinsik Cerpen
Gambar Unsur Intrinsik Cerpen – Contoh Cerpen Singkat Keren

Untuk membuat cerpen ataupun sedang mengidentifikasinya setidaknya kita harus memperhatikan unsur-unsur yang terkandung dalam contoh cerpen singkat tersebut.

Dalam cerpen sendiri terdapat dua unsur, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Berikut ini penjelasan singkat unsur intrinsik dan ekstrinsik.

1. Unsur Intrinsik Cerpen

Unsur intrinsik atau unsur dari dalam merupakan unsur pertama dalam cerpen. Di dalam sebuah cerpen selalu terdapat unsur pembentuk yang ada di dalam tubuh atau susunan cerpen itu sendiri.

Ini disebut dengan unsur intrinsik. Dalam cerpen sendiri terdapat berbagai unsur intrinsik pembangun cerpen yakni:

1. Tema

Tema sendiri merupakan suatu pokok pikiran yang mendasari jalannya cerpen atau cerita pendek.

2. Alur/Plot

Unsur selanjutnya merupakan alur atau urutan peristiwa yang ada di dalam cerpen. Pada umumnya alur dari cerpen dimulai dengan perkenalan, konflik, klimaks dan diakhiri dengan penyelesaian.

3. Setting

Unsur selanjutnya yang harus ada dalam cerpen merupakan setting. Setting sendiri merupakan bentuk latar atau tempat, waktu dan suasana yang terdapat pada cerpen.

4. Tokoh

Unsur selanjutnya yang tidak boleh terlewat dalam cerpen merupakan tokoh. Tokoh merupakan pemeran yang diceritakan di dalam cerpen, baik itu pemeran utama maupun pendukung.

5. Watak

Setelah muncul tokoh, berikutnya yang tak perlu dilupakan merupakan watak atau sifat tokoh. Setiap tokoh pemeran dalam cerpen pasti memiliki sifat atau watak.

Dalam cerpen sendiri watak dibagi menjadi tiga yaitu protagonis (baik), antagonis (jahat) dan netral.

6. Sudut Pandang

Unsur selanjutnya yang tidak boleh dilupakan dalam cerpen merupakan sudut pandang.

Sudut pandang sendiri merupakan cara pandang penulis menceritakan isi atau kejadian dalam sebuah cerpen. Dalam hal sudut pandang sendiri dibagi menjadi dua yaitu:

A. Sudut pandang orang pertama

  • Pelaku utama : “Aku” merupakan tokoh utama.
  • Pelaku sampingan : “Aku” menceritakan tentang orang lain.

B. Sudut pandang orang ketiga

  • Serba tahu : “dia” menjadi tokoh utama.
  • Pengamat : “dia” menceritakan orang lain.

7. Amanat

Unsur intrinsik terakhir merupakan amanat atau pesan moral. Amanat sendiri merupakan pesan atau pelajaran yang terdapat di dalam cerpen baik tersirat maupun tersurat dalam cerpen.

2. Unsur Ekstrinsik Cerpen

Setelah kita mengetahui tentang berbagai macam unsur intrinsik, kita juga harus mengetahui unsur ekstrinsik dalam cerpen.

Unsur ini merupakan unsur yang berada di luar cerpen tetapi seringkali bisa membuat cerpen terasa lebih hidup. Cerpen akan terasa lebih hidup jika ditambahkan dengan peristiwa yang terjadi di suatu lingkungan.

Inilah yang kemudian dinamakan unsur ekstrinsik atau unsur pembangun cerpen dari luar.

Dalam membuat unsur ekstrinsik cerpen bisa diambil dari latar belakang yang ada di dalam masyarakat.

Semisal mengambil keadaan sosial, budaya, politik, ideologi dan ekonomi masyarakat atau bahkan legenda yang ada di dalam masyarakat itu sendiri.

Selain itu, latar belakang penulis juga masuk ke dalam unsur ekstrinsik cerpen, baik itu riwayat hidup, pengalaman ataupun juga gaya penulisan yang sering digunakan oleh pengarang atau penulis.

Untuk lebih jelasnya mengenai unsur ekstrinsik cerpen bisa dilihat pada point-point di bawah ini:

  • Kondisi zaman saat karya sastra itu diciptakan
  • Latar belakang kehidupan pengarang
  • Tingkat pendidikan
  • Profesi atau pekerjaan
  • Status sosial ekonomi
  • Pandangan politik
  • Kepercayaan agama
  • Paham yang dianut pengarang

Nah itu dari unsur-unsur yang harus ada dalam cerpen. Setelah kita mengetahui unsur yang terkandung dalam cerpen, kita juga harus mengetahui ciri-ciri dari cerpen itu sendiri.

Banyak Dibaca: Contoh Artikel Ilmiah

Ciri ciri Cerpen

Ciri ciri Cerpen Singkat
Gambar Ciri ciri Cerpen Singkat Menarik

Setelah kita mengetahui apa saja struktur dan unsur cerpen, kita juga harus mengetahui bagaimana ciri ciri cerpen itu sendiri. Untuk melihat ciri-cirinya sebenarnya sangat mudah kok. Berikut ini kita tuliskan ciri ciri cerpen:

  • Bersifat fiktif atau karangan yang tidak nyata dari penulis.
  • Tersusun tidak lebih dari 10.000 kata.
  • Dapat dibaca dengan sekali duduk.
  • Diksi yang dipakai tidaklah rumit sehingga mudah dipahami pembaca.
  • Memiliki alur tunggal atau satu jalan cerita saja.
  • Biasanya ditulis berdasarkan peristiwa dalam kehidupan.
  • Memiliki pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Nah itu tadi ciri-ciri yang umum dalam cerpen. Kita bisa mengetahui secara langsung dengan melihat contoh cerpen singkat beserta strukturnya.

Setelah kita mengetahui ciri-cirinya, selanjutnya kita juga harus mengetahui bagaimana fungsi dari cerpen itu sendiri. 

Fungsi dan Tujuan Cerpen

Fungsi dan Tujuan Cerpen Singkat yang Menarik
Gambar Fungsi dan Tujuan Cerpen Singkat yang Menarik

Dalam setiap karya pasti memiliki fungsi atau kegunaan masing-masing. Begitu pula dalam contoh cerpen singkat yang kita baca.

Meskipun sebuah karya berupa cerita pendek, tetapi ada juga fungsi dan tujuan cerpen itu sendiri. Karena sama seperti karya sastra yang lainnya.

Adapun fungsi dan tujuan cerpen ada 5 yaitu:

  • Rekreatif atau berfungsi sebagai penghibur bagi para pembaca.
  • Estetis atau berfungsi berfungsi sebagai bentuk estetika atau keindahan sehingga memberi rasa puas dalam hal estetis bagi para pembaca.
  • Didaktik atau berfungsi memberi pembelajaran atau pendidikan bagi para pembaca.
  • Moralitas atau berfungsi sebagai bentuk kandungan nilai moral sehingga pembaca mengetahui mana yang baik dan buruk berdasarkan cerita yang terkandung.
  • Religiusitas atau berfungsi untuk memberi pembelajaran religius sehingga dapat dijadikan contoh bagi pembaca.

Itu tadi kelima fungsi cerpen yang bisa kita dapatkan. Meskin cerpen merupakan cerita singkat tetapi di dalamnya terdapat makan dan ilmu pengetahuan baik tersurat maupun tersirat.

Setelah kita mengetahui fungsi dari cerpen itu sendiri, dalam membuat atau menulis cerpen kita juga harus mengetahui bagaimana tips dan trik untuk menulis cerpen.  

Cara Membuat Cerpen Singkat dan Tahanpan Alurnya

Cara Membuat Cerpen Singkat dan Tahapan Alurnya
Gambar Cara Membuat Cerpen Singkat dan Tahapan Alurnya

Membuat cerpen atau cerita pendek memang gampang-gampang susah. Cerita yang relatif pendek dengan alur yang sederhana menjadikan kita mudah untuk membuatnya.

Kita bisa mencontoh langsung dengan cara membaca contoh cerpen singkat kemudian mencermatinya.

Akan tetapi, jika kita tidak mengetahui trik serta tipsnya malah akan membuat cerpen kita hambar dan tidak menarik untuk dibaca.

Agar cerpen yang kita buat bisa menjadi lebih baik, sebaiknya simak tips dan trik menulis cerpen berikut ini.

1. Mencari Ide Cerpen

Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk menulis contoh cerpen singkat adalah mencari ide yang sesuai dengan cerpen singkat yang akan kita buat. Sebaiknya kita membuat ide cerpen yang ringan dan tidak harus rumit.

Kita bisa membuat ide dengan melihat kejadian sehari-hari ataupun kejadian yang telah kita alami. 

2. Menulis dengan Gaya Bahasa Sendiri

Dalam menulis cerpen sebaiknya kita menulisnya dengan gaya bahasa kita sendiri.

Kita membuat cerpen dengan gaya bahasa yang kita lakukan sehari-hari dan tidak perlu dipaksakan untuk menulis dengan meniru gaya bahasa penulis lainnya.

Jadi sebisanya saja dan tidak perlu dipaksakan, nanti juga akan terbiasa. Ditambah lagi kita juga perlu membaca kumpulan contoh cerpen singkat untuk memperluas wawasan kita.

3. Membuat Paragraf Pembuka

Dalam membuat cerpen yang menarik, paragraf pertama merupakan paragraf yang sangat penting. Membuat paragraf pembuka juga tidak perlu rumit-rumit.

Dalam membuat paragraf pembuka ini merupakan hal yang sangat penting, sama seperti judul cerpen itu sendiri.

4. Merangkai Alur dan Plot

Langkah berikutnya dalam menulis cerpen kita harus membuat alur dan plot ceritanya. Setelah paragraf pembuka tersusun selanjutnya kita merangkai setiap kejadian sesuai dengan struktur dan unsur dalam cerpen.

Rangkaian ini bisa berupa narasi demi narasi serta plot demi plot yang ada sehingga alur dan plot cerpen akan terbentuk dengan sendirinya.

5. Membuat Paragraf Penutup

Terakhir setelah alur dan plot cerita tersusun, kita juga harus membuat paragraf penutup. Paragraf penutup sama pentingnya seperti paragraf  pembuka.

Kita bisa membuat paragraf penutup berupa pesan apa yang disampaikan dalam cerpen atau yang lainnya. Cerita akan menjadi lengkap karena adanya paragraf penutup ini.

Itu tadi tips dan trik menulis cerpen. Kita bisa terus mengasah kemampuan menulis cerpen dengan memperhatikan semua keterangan di atas. Untuk lebih mudahnya, kita bisa melihat contoh cerpen singkat di bawah ini.

Banyak Dibaca: Contoh Kata Pengantar

Contoh Cerpen Singkat Beserta Unsur Intrinsiknya

Contoh Cerpen Singkat Beserta Unsur Intrinsiknya
Contoh Cerpen Singkat Beserta Unsur Intrinsiknya – Contoh Cerpen Singkat Padat Jelas

Setelah kita mengetahui cara membuat cerpen yang baik dan benar pastinya akan lebih mudah lagi jika kita melihat langsung contoh cerpen singkat beserta orientasi komplikasi resolusi agar lebih mudah dipahami.

Berikut ini contoh contoh cerpen singkat keren yang bisa dijadikan referensi. 

1. Contoh Cerpen Singkat Pendidikan

Contoh Cerpen Singkat Pendidikan
Contoh Cerpen Singkat Tentang Sekolah

Di bawah ini merupakan contoh cerpen singkat tentang pendidikan karakter percaya diri. 

Sikap percaya diri merupakan hal yang harus selalu ditanamkan pada diri sendiri. Dengan percaya diri maka kemampuan diri sendiri akan meningkat.

Percaya diri harus ditanamkan kepada setiap orang karena setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masin. 

Berikut ini lah contoh cerpen singkat sekolah yang bisa dijadikan motivasi.

Star In the Class

Kalian bisa memanggilku dengan nama Egi dan jangan pernah bertanya aq kelas berapa. 

Di sekolahku sendiri aku termasuk anak yang terkenal. Ini bukan termasuk menyombongkan diri ya teman-teman. Aku ini terkenal karena memang sikapku yang baik hati dan juga tampan.

Di sekolah aku juga punya beberapa sahabat setia dan kami juga membuat geng dengan sebutan star in the class. Geng kami selalu bersama dalam hal kebaikan.

Dari segi prestasi jangan pernah tanya ya, kami selalu mengikuti event dan selalu menang.

Kami suka dengan keributan tetapi bukan orang yang suka ngeributin sehingga banyak orang yang tidak suka dengan kami.

Kami selalu ingat dengan kata pak guru, murid yang ribut pasti pintar. Tetapi lihat dulu bentuk keributannya.

Oh iya, nama teman-teman dalam gengku adalah Doni, Eko, Feri, Taufik dan juga Anang. Kami dipertemukan dalam klub voli di sekolah.

Semua guru dan juga teman-teman yang lain pasti senang ketika kami tampil. Meskipun kami bukan anak-anak yang pintar, apalagi jenius, tetapi kami punya prinsip pintar dalam bidang yang berbeda-beda.

Aku sendiri dibina langsung oleh guru favorit kami. Namanya pak Handy. Tanpa beliau mungkin kami hanya sekelompok anak-anak yang malas sekolah, nakal dan juga perokok. 

Kami masih ingat dengan apa yang dikatakan oleh pak Handy. Beliau berkata: “Prestasi itu tidak harus rangking di kelas.

Orang tidak suka matematika juga bisa sukse dengan cara melakukan apa yang disukai dengan sepenuh hati dan berhenti melakukan kejahatan.”

Kami terus menerus dimotivasi oleh pak Handy walaupun mood kami suka naik turun. Kami akan selalu mengingat pak handy.

Karena beliaulah kami bisa menjadi star in the class dan sekolah pun menjadi terkenal karena keberadaan kami di tim voli.

Inilah cerita tentang kehidupan dan perjalanan sekolahku. Kita bisa berteman dengan siapapun tetapi harus tetap menjadi diri sendiri.

Nah itu tadi contoh cerpen singkat pendidikan yang bisa dijadikan motivasi untuk kita semua. Atau mungki teman-teman ada yang memiliki contoh cerpen singkat tentang sekolah atau yang lainnya?

2. Contoh Cerpen Singkat Persahabatan dan Unsur Intrinsiknya

Contoh Cerpen Singkat Persahabatan
contoh cerpen singkat persahabatan yang hancur karena keegoisan

Selain dengan tema pendidikan, masih ada lagi contoh cerpen singkat tentang persahabatan dengan judul baik Luar Dalam.

Nah dalam cerita tersebut seorang sahabat harusnya selalu berbuat baik luar dalamnya. Bukan hanya baik di luar tapi buruk dalamnya.

Berikut ini contoh singkat persahabatan yang bisa kita jadikan referensi. 

Baik Luar Dalam

Di suatu hari yang cerah, terdapat dua orang gadis bernama Dian dan Lisa yang tengah mengerjakan tugas sekolah di rumahnya Dian. Mereka berdua mengerjakan tugas sekolah dengan serius dan suasananya pun nampak hening.

Kemudian datanglah teman Dian yang bernama Tyas di depan rumahnya. Namu Dian sendiri seolah tidak memperhatikan kehadiran Tyas tersebut.

“Dian, itu di depan rumah ada Tyas sedang nungguin kamu, buruan temui dia, kasian sudah sejak tadi dia nungguin kita.” Ujar Lisa yang tengah mengerjakan tugas di rumah Dian.

“Bi, bilangin ke Tyas yang ada di depan rumah kalau aku sedang pergi atau bilang gak ada gitu ya.” Pinta Dian kepada Bibi yang bekerja sebagai pembantu di rumahnya.

“Baik non, Bibi sampaikan.” Jawab si Bibi.

“Eh Dian, kenapa kamu seperti itu sama Tyas? Padahal kan dia pastinya sudah datang jauh-jauh, kenapa kamu usir, gak enak kan. Kasian dia, dia juga anak yang baik Yan.” Ujar Lisa yang coba menasehati Dian.

“Kamu itu gak tau Tyas apa Lis, dari luarnya memang dia orang yang baik, ramah dan juga manis. Tetapi masa kamu hanya mengukur sifat dan sikap seseorang hanya dengan begitu saja, dia itu hanya manis di luar tapi dalamnya pahit tahu.” Jawab Dian dengan sinis.

“Loh, pahit gimana maksudnya Yan?” Balas Lisa yang masih bingung dengan jawaban Dian.

“Tahu gak sih kamu Lis, Tyas itu sering banget membicarakan keburukan orang lain. Bahkan dia sering membicarakan keburukan teman sendiri di belakangnya. Pokoknya banyak banget deh kalo harus jelasinnya.” Jawab Dian dengan setengah sinis.

“Dia itu beda banget sama kamu Lis, kamu itu judes, ceplas ceplos kalo ngomong sama aku, tetapi setidaknya kamu mempunyai hati yang tulus Lis, bukannya sahabat yang baik di luarnya saja tapi dalamnya busuk. Dalam menjalin pertemanan, aku tidak membutuhkan tampilan luar dari seseorang Lis” Jelas Dian panjang lebar kepada Lisa.

Unsur Intrinsiknya

Setelah kita membaca contoh cerpen singkat tentang persahabatan di atas, kita juga perlu mengetahui bagaimana unsur intrinsik yang membangun  cerpen tersebut. Berikut unsur intrinsiknya

Tema: Persahabatan

Alur/Plot: Maju.

Setting: Rumah Dian, depan rumah, hari yang cerah, sinis.

Tokoh: Dian, Lisa Tyas, Bibi pembantu rumah.

Watak: Dian (protagonis), Tyas (antagonis), Lisa (netral).

Sudut Pandang: Sudut pandang orang pertama pelaku sampingan

Amanat: Dalam menjalin pertemanan harus baik di depan dan tidak menjelek-jelekkan temannya.

Nah itu tadi contoh cerpen singkat persahabatan dan unsur intrinsiknya. Cukup mudah bukan cara menentukan unstur intrinsiknya. Atau mungkin ada yang kurang suka dengan contoh cerpen singkat sahabat di atas?

Nah jika ada yang memiliki pengalaman lain mungkin bisa saling berbagi sebagai contoh cerpen singkat pengalaman pribadi tentang persahabatan kita. Bagaimana teman-teman?

3. Contoh Cerpen Singkat yang Mengandung Nilai Sosial dan Moral Kehidupan

Contoh Cerpen Singkat dan Nilai-nilai yang Terkandung di Dalamnya
Gambar Contoh Cerpen Singkat Beserta Unsur Intrinsiknya dan Ekstrinsiknya

Dalam membaca sebuah cerpen singkat kita juga harus bisa mengetahui dimana letak unsur intrinsiknya. Agar lebih mudah kita bisa melihat contoh cerpen beserta unsur intrinsiknya dengan judul Menemukan Dompet.

Berikut ini contoh cerpen singkat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya berjudul menemukan dompet yang bisa dijadikan referensi.

 Menemukan Dompet

Selama berbulan-bulan ini aq bingung mencari kerja. Berkas lamaran kerja yang sudah aku masukkan ke beberapa perusahaan masih belum ada jawaban.

Hari-hariku terasa hambar, tiap hari hanya luntang lantung tidak jelas. Setiap hari aku kebingungan, mau mencoba usaha, tetapi modal belum ada.

Pada suatu hari yang cerah, aku janjian dengan teman lamaku untuk menceritakan permasalahanku ini.

Ketika aku sedang dalam perjalanan ke rumah temanku, samar-samar aku melihat dompet berwarna hitam di samping jalan, tepatnya di trotoar.

Karena penasaran, aku pun memastikannya dan ternyata memang benar sebuah dompet berwarna hitam. Kemudian aku pun membuka isi dari dompet itu.

Alangkah terkejutnya diriku mendapati dompet tersebut berisikan SIM, KTP, surat-surat penting, kartu ATM, kartu kredit serta sejumlah uang yang lumayan banyak. “Wah rejeki nomplok nih.” Ujarku dalam hati.

Akan tetapi aku berubah pikiran dan berinisiatif untuk mengantarkan dompet itu ke pemilik dalam KTP tersebut. Setelah itu aku pun melanjutkan perjalanan ke rumah temanku dan menceritakan semua problem masalahku.

Setelah urusan dengan temanku selesai, aku langsung berangkat menuju alamat dalam KTP tersebut untuk mengembalikan dompet.

Aku pun mencari-cari alamat serta nama dari pemilik dompet sesuai dengan KTP.

Setelah sampai dengan alamat yang dimaksud dalam KTP aku pun memberanikan diri untuk masku dan bertanya ke dalam. “Permisi pak, mau nanya. Apa benar ini rumahnya pak Handy?” Tanyaku pada orang di halaman rumah itu.

“Iya benar mas, anda siapa ya dan ada keperluan apa?” Jawab tukang kebun dan ditimpali pertanyaan buatku

“Oh perkenalkan, saya Angga, saya ingin bertemu dengan bapak Handy, ada urusan yang sangat penting dengan beliau” Jawabku setelah memperkenalkan diri.

Kebetulan sekali ternyata pak Handy ada di rumah dan aku diminta untuk masuk ke dalam rumah. Lalu aku pun duduk sambil sedikit kagum dengan keindahan rumahnya.

Kemudian aku mengatakan maksud dan tujuanku sambil menyerahkan dompet yang aku temukan di jalan, lengkap dengan isinya.

Karena penasaran denganku beliau pun bertanya: “Kamu tinggal dimana nak? Lalu kerja dimana?”

“Saya tinggal di komplek Sido Makmur pak dan kebetulan saya masih menganggur. Masih menunggu panggilan kerja tetapi sudah beberapa bulan gak ada kabar pak. Jawabku dengan jujur.

“Memangnya kamu lulusan apa?” Tanya pak Handy kepadaku

“S1 jurusan Manajemen Bisnis Syariah pak” Jawabku.

“Kalau begitu, besok kamu datang saja ke perusahaan saya nak, kebetulan perusahaan sedang membutuhkan staff administrasi. Ini kartu nama saya, jika tertarik besok datang saja ke kantor dan bilang kalo saya yang nyuruh” Jawab Pak Handy

“Wah beneran ini pak?” Tanyaku yang seakan masih tidak percaya.

“Iya nak, saya sangat membutuhkan karyawan yang jujur dan juga penuh dedikasi seperti kamu, kalau kamu mau pasti uang dalam dompet saya sudah kamu ambil lalu tinggal buang dompetnya. Tetapi kamu lebih memilih mengembalikannya kepadaku”. Pungkas pak handy.

“Kalau begitu terima kasih banyak pak, kalau begitu besok saya akan datang ke perusahaan bapak dan menyiapkan surat-surat lamarannya.” Jawabku dengan haru.

Aku pun pamit pulang untuk menyiapkan segala kebutuhan untuk besok. Aku sendiri masih tidak percaya dan yakin kalau ini merupakan suatu keajaiban.

Unsur Intrinsik dan Ektrinsiknya

Setelah kita membaca contoh cerpen singkat menemukan dompet di atas, selanjutnya kita juga bisa melihat bagaimana sih unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerpen singkat itu sendiri.

Berikut ini hasil dari contoh cerpen singkat beserta unsur intrinsiknya dan ekstrinsiknya.

Unsur Intrinsik

Tema: Nilai Moral

Tokoh: Angga dan Pak Handy

Alur: Maju

Latar: Trotoar, rumah pak Handy, sedih, bahagia

Gaya bahasa: Lugas

Sudut pandang: Orang pertama

Amanat: Kejujuran merupakan suatu sifat yang sangat mulia dan orang yang jujur akan memperoleh balasan tersendiri.

Nah itu tadi contoh cerpen singkat dan unsur intrinsiknya yang mungkin bisa ditemukan di situs brainly juga.

Unsur Ekstrinsik

Setelah kita mengetahui unsur intrinsik dalam cerpen, kita juga harus mengetahui unsur ekstrinsiknya.

Seperti di bahas sebelumnya, unsur ekstrinsik merupakan unsur dari luar yang turut membangun cerpen sehingga cerpen terasa lebih hidup dan mengena.

Berikut ini unsur ekstrinsik dari contoh cerpen singkat kehidupan di atas.

Latar Belakang Masyarakat

Latar belakang yang disampaikan dari cerpen singkat di atas adalah peduli dan bersikap jujur terhadap orang lain pasti akan mendapatkan balasannya.

Nilai-nilai yang terkandung dalam Cerpen

Selanjutnya nilai-nilai yang bisa dipelajari dari nilai moral cerpen itu sendiri adalah tetap berbuat jujur walaupun tidak ada seorang pun yang melihat perbuatan kita.

Nah itu tadi contoh cerpen singkat beserta unsur intrinsiknya dan ekstrinsiknya yang terkandung nilai nilai sosial dan moral kehidupan di dalamnya. Semoga bermanfaat ya.

4. Contoh Cerpen Singkat Pengalaman Pribadi

Contoh Cerpen Singkat Pengalaman Pribadi
Contoh Cerpen Singkat Pengalaman Pribadi

Dalam membuat contoh cerpen singkat pengalaman pribadi juga bisa digunakan sebagai bahan cerita. Membuat cerpen singkat tidak harus dari cerita fiktif kok.

Berikut ini contoh cerpen singkat pengalaman pribadi dengan judul Terima Kasih

Terima Kasih

Namaku Egy dan aku sekarang sudah kelas XI di salah satu SMAN di kotaku. Sudah menjadi rutinitas di sekolah bagi kelas XI selalu diadakan wisata sekolah.

Wisata masih kurang 1 bulan lagi dan semua teman-temanku yang turut serta sudah membayar kecuali aku. 

Pada malam itu tepatnya sebulan sebelum acara suasana rumah terasa begitu dingin. Walaupun bukan musim penghujan tetapi malam itu suasana seakan lebih dingin dari biasanya.

Semua orang di dalam rumah tidak ada yang berani bicara. Tidak ada sepatah kata pun yang keluar dari semua anggota keluarga.

Bukannya mereka kecewa ataupun marah kepadaku, tetapi karena semuanya pusing bagaimana cara membayar iuran wisata sekolahku yang tinggal sebentar.

Pada awalnya karena tidak tega melihat keluargaku, aku memutuskan untuk mundur saja dan tidak ikut study tour.

Tetapi, belum selesai aku berkata, tiba-tiba ayahku langsung membantahnya. Padahal biasanya ayah orangnya tidak banyak bicara.

“Tidak, Apapun yang terjadi kamu harus ikut! Sekarang cepat pergi tidur, besok ayah akan bayarkan semua kekurangan biaya akan ayah lunasi.” Tegas ayahku.

Aku Pun menuruti perkataan ayah. Aku menuju kamarku dengan perasaan kacau. Bukannya aku merasa egois, tetapi aku tahu jika saat itu ayah tidak ada uang buat bayar iuran study tour.

Dengan sekuat tenaga kucoba untuk memejamkan mata dan berusaha untuk tidak memikirkannya. Ditambah lagi isak tangis dari ibuku di ruang tengah yang terdengar lirih membuatku semakin tidak nyaman untuk tidur.

Aku sangat mengetahui mengapa ibu menangis seperti itu. Namun ayah sendiri tetap bersikeras menyuruhku ikut study tour.

Karena ayah merupakan sosok pria yang tidak akan membiarkan buah hatinya sedih dan malu karena ketidakmampuannya.

Pada malam itu malam yang semakin larut dan menunjukkan pukul 09.00 malam. Ayah serta yang lainnya yang masih terjaga serta berfikir untuk mencari biaya sedang berdiskusi di ruang tengah. 

Secara tiba-tiba, pintu rumah diketuk dan sontak itu mengagetkan mereka. Ternyata salah seorang tetangga datang ke rumahku dengan membawa amplop coklat.

“Selamat malam pak, mohon maaf saya datang malam-malam begini”. Ujar tetanggaku.

“Tidak apa-apa pak, kita semua juga belum tidur kok, mari silahkan masuk.” Sambut ayah dengan ramah.

Selanjutnya keduanya berbincang santai, kemudian tetanggaku menyerahkan amplop coklat sambil berkata: “Mohon maaf pak, ini adalah uang pembayaran tanah yang dijadikan jalan desa beberapa bulan lalu.”

Sontak saja itu membuat ayahku terkejut. Bagaimana tidak, secara tiba-tiba ayah mendapatkan uang yang tidak pernah terbayang sama sekali dan tiba-tiba diantarkan ke rumah begitu saja.

Beberapa bulan yang lalu ayah memang merelakan sebagian kecil tanahnya untuk dijadikan jalan umum. Akan tetapi dari pihak desa, tanah tersebut diputuskan untuk dibeli.

Sepulangya tetanggaku, tiba-tiba ibuku langsung masuk ke kamar ku sambil memelukku dengan erat. Ibu menangis tersedu-sedu karena bahagia sambil memelukku.

Kemudian ayahku masuk ke kamarku lalu menyerahkan uang pembayaran study tour kepadaku. Air mataku pun sudah tak tertahankan lagi. 

Malam itu aku menangis bahagia dalam pelukan ibuku serta tak henti-hentinya ku ucap rasa syukur di hati dan lisanku.

Nah itu tadi contoh cerpen singkat tentang pengalaman pribadi. Selain contoh cerpen singkat di atas, kita juga bisa menulis pengalaman-pengalaman lainnya.

Kasih sayang orang tua pun yang kelihatannya sederhana bisa dibuat cerpen sehingga menjadi contoh cerpen singkat tentang kasih sayang orang tua.

Bagaimana teman-teman punya pengalaman pribadi menarik sehingga bisa dibuat contoh cerpen singkat? Yuk share pengalaman kalian.

5. Contoh Cerpen Singkat Lucu

Contoh Cerpen Singkat Lucu
Gambar Contoh Cerpen Singkat Lucu

Selanjutnya dalam membuat cerpen, sebuah kejadian lucu pun bisa menjadi bacaan cerpen yang menghibur kita. Berikut ini contoh cerpen singkat lucu dengan judul Scrub Gula Pasir

Scrub Gula Pasir

Hampir setiap hari Lisa berangkat sekolah bersama Ika sahabatnya. Mereka berdua berteman sejak lama. Pada suatu hari, Lisa bertanya kepada sahabatnya Ika.

“Lis, menurutmu Hendra sukanya dengan cewek yang bagaimana sih?” Tanya Ika disuatu pagi.

Lisa pun menjawab sambil menampakkan senyumannya. “Gimana ya? Seingatku sih Hendra sukanya dengan cewek yang lebih alami, natural gitulah. Gak muluk-muluk banget kok”

“Wah, kalau begitu dia gak suka dengan cewek yang suka dandan dong?” Sahut Ika dengan penuh semangat.

“Kira-kira begitu sih.” Jawab Lisa dengan agak malas-malasan.

“Em…, lalu gimana dong caranya biar wajah tetap cantik meski tanpa make up tebal?” Tanya Ika yang masih penasaran.

Lisa pun menjawab: “Coba aja Ka pakai masker bengkoang serta scrub gula pasir biar bibir makin merah merona.”

“Beneran Lis, Ide bagus tuh kayaknya, ntar malem bisa dicoba itu” Jawab Ika dengan semangat.

Malam harinya, Ika pun mencoba tips yang diberikan sahabatnya Lisa. Ika sangat senang karena wajahnya mulai tampak cerah dan berseri-seri. Jerawat yang sebelumnya tampak jelas pun mulai hilang.

Tak lupa, tiap malam Ika menggunakan scrub gula pasir di bibirnya. Ika melakukan semua ini karena satu minggu lagi di sekolah akan ada acara pensi. Pada saat acara, Ika pasti akan bertemu Hendra dan Ika berusaha tampil secantik mungkin.

Pagi harinya pada waktu berangkat sekolah, Ika bertemu dengan sahabatnya Lisa. 

“Loh Ka, bibirmu kenapa? Kok seksi banget sampe bonyok-bonyok gitu, hahahah” Sambut Lisa saat bertemu dengan Ika.

“seksi banget kan Lis bibirku, ini karena efek scrub gula pasir yang aku pakai tiap malam. Bibirku jadi digigit semut sampai kaya gini” Jawab Ika dengan wajah cemberut dan tanpa rasa dosa.

“Oh My God” Sahut Lisan heran dengan sahabat karibnya ini.

Nah itu tadi contoh cerpen singkat lucu yang bisa dijadikan hiburan. Hal-hal yang lucu pun bisa menjadi sebuah karya, tergantung bagaimana cara kita memanfaatkannya.

Bagaimana teman-teman, tertarik untuk menulis cerita lucu sehingga menjadi contoh cerpen singkat dan lucu serta menghibur kita semua.

6. Contoh Cerpen Singkat Remaja

Contoh Cerpen Singkat Cinta
contoh cerpen singkat cinta

Masa remaja memang masa yang sangat menarik. Banyak hal yang sering dilakukan di masa remaja.

Selain itu banyak pula hal-hal baru yang dirasakan pada masa remaja, salah satunya mengenai percintaan. Dalam percintaan pun bisa dibuat cerita pendek atau cerpen. Berikut ini contoh cerpen singkat percintaan 

Cinta Pandangan Pertama

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya jatuh cinta. Oh iya enakan jatuh cinta apa jatuh tertimpa tangga ya? 

Perasaan jatuh cinta untuk yang pertama kalinya memang bikin menyiksa. Selalu saja membuat jantung berdegup kencang, entah itu melihat orang yang dicintai maupun ketika memikirkannya. 

Bagaimana sih rasanya jatuh cinta pada pandangan pertama? Seperti ini cerita cinta pada pandangan pertama.

Namaku Angga. Aku mengenal Fika sewaktu Masa Orientasi Sekolah di SMP dulu. Pertama kali aku mengenalnya sewaktu pembagian kelas oleh wali kelas.

Aku dan Fika secara tidak sengaja ditempatkan dalam satu meja. Pada saat itulah aku mulai berkenalan dengan Fika.

Pertama kali aku mengenalnya ada perasaan aneh yang aku tidak tahu namanya. Pada waktu itu kami memang tidaklah terlalu akrab.

Aku mulai masuk di ekskul Volly sementara Fika masuk di ekskul seni tari.

Fika dulunya tidak seanggun sekarang. Akan tetapi pada waktu kelas 3, Fika telah menjadi wanita yang anggun dan mempesona di mataku.

Fika bukanlah sosok Srikandi dalam pewayangan yang luar biasa hebatnya. Dia hanyalah seorang Fika, wanita yang masih saja suka usil dan kadang judesnya luar biasa.

Banyak laki-laki di sekolah yang menaruh hati padanya. Aku sendiri bahkan merasa aneh dengan pandangan mereka.

Akan tetapi Fika seakan tidak peduli dengan mereka, dia hanya mau menjadi dirinya sendiri tanpa memperhatikan mereka.

Aku sendiri tidak tahu pasti sejak kapan perasaanku ini tumbuh pada Fika. Setiap kali aku berdekatan dengannya, rasanya jantungku berdegup dengan cepat dan bahkan membuatku salah tingkah di depannya.

Aku sendiri belum pernah menyatakan perasaanku kepadanya. Pernah pada waktu kelas 2 SMP ingin ku utarakan perasaan suka atau sayang kepada Fika.

Selama 3 tahun mengenalnya aku selalu bersyukur. Setiap kali aku melihat sorot matanya, dia selalu terlihat ramah dan memiliki senyum yang manis dengan lesung pipi yang tergores indah di wajahnya.

“Ga, pulang Ekskul makan bareng yuk” ucapnya. Aku tersadar dari lamunanku selama melihat Fika latihan tari.

Deg, jantungku terasa berdegup lebih cepat. Fika memang sangat dekat dengan ku. Hampir selama 3 tahun selama di SMP, hampir semua kegiatan ia melewatinya bersamaku.

Akan tetapi mengapa ajakan makan bersama nya sangat berefek besar terhadap jantungku?

Nah itu tadi contoh cerpen singkat cinta pertama yang mungkin banyak dilalui oleh kita. Kita mencintai lawan jenis tetapi lebih memilih diam dan tidak mengatakannya. 

Atau mungkin dari para pembaca memiliki pengalaman pribadi untuk dibuat contoh cerpen singkat cinta dalam diam?

7. Contoh Cerpen Singkat Tentang Horor

Contoh Cerpen Singkat Horor
Contoh Cerpen Singkat Horor

Kita punya pengalaman yang menakutkan atau horor? Nah pengalaman horor pun bisa dijadikan menjadi cerpen yang menarik kok. Berikut ini contoh cerpen singkat tentang horor yang bisa disimak bersama.

Indigo Juga Manusia

Ida, begitulah teman-teman memanggilku. Seperti biasa, aku selalu mengambil tempat duduk di kursi pojok paling belakang. Aku hanya bisa tertunduk diam di dalam kelas. Semua itu karena masih banyak orang-orang yang belum bisa menerima segala keadaanku.

Aku termasuk dalam orang-orang yang bisa melihat hal-hal ghaib. Orang-orang biasa menyebutnya indigo.

Pada siang itu seperti biasa, banyak yang menatapku dengan perasaan tidak suka. Mereka menatap dengan tatapan aneh. Aku sudah berusaha untuk mengabaikannya.

“Farida” Panggil perempuan yang tidak kasat mata

“Saya bu” Jawab Ida

Seketika siang itu kelas menjadi gaduh dan semuanya menatapku dalam kebingungan.

Hanya aku yang bisa melihat perempuan itu. Dia berada di bangku guru.

Dia menatapku dengan mata yang tajam dan tatapan yang sangat dingin sambil berkata: “Anak baik. Kalau dipanggil sama ibu harus dijawab ya.”

Kemudian mata dari perempuan itu terus melotot dan tiba-tiba mulutnya mengeluarkan darah.

Tiba-tiba saja ada seorang guru membuka pintu kelas dan masuk sambil berkata: “Ida, duduk”

Akan tetapi semua itu terlambat, aku yang hampir duduk kembali tiba-tiba salah seorang temanku kejang-kejang. 

Semua murid yang ada langsung panik dan berteriak. Mereka semua berlari berhamburan keluar kelas. 

Di dalam kelas hanya menyisakan guru yang baru datang, siswi yang kejang-kejang di depan kelas dan juga aku.

Aku sendiri sebenarnya ketakutan. Akan tetapi guru tersebut berusaha menenangkanku “Ida, tidak apa-apa ibu di sini, kamu bisa menolong temanmu bukan? Sekali ini saja Ida, tolonglah”.

Aku sendiri sebenarnya tidak mau membantu. Beberapa minggu lalu aku hampir saja dikeluarkan dari sekolah. Banyak orang di sekolah yang berdemo dan menginginkan aku pergi dari sekolah.

Aku sendiri tidak pernah meminta diriku untuk berbeda dengan yang lainnya. Walaupun aku sendiri seorang indigo, tetapi tetap saja aku hanyalah manusia biasa.

Aku pun berjalan maju mendekati temanku yang sedang menjerit. Kemudian aku menghentikan langkah di depannya. “Pergi!!!” Bentak ku kepada makhluk yang ada di dalam tubuh temanku.

Aku sangat membenci makhluk itu. Dia sosok perempuan yang selalu mengikutiku. Dia seringkali menyusahkan kehidupanku.

Setelah itu tenagaku rasanya habis terserap olehnya dan tubuhku pun dibuat benar-benar lemas. Seketika aku pun jatuh pingsan karena kelelahan.

Aku selalu berharap untuk tidak bangun lagi. Aku bosan jika hanya melihat mereka yang tidak sama denganku. Rasanya hidupku sudah lelah.

Akan tetapi Tuhan masih memberikanku umur panjang.

Hanya saja pada saat aku bangun, banyak dari teman-temanku menjagaku dan mengucapkan banyak terima kasih.

Baru kali ini hatiku sangat tersentuh dan tak kuasa aku pun menangis karena haru.

Itu tadi contoh cerpen singkat horor yang bisa kita baca. Atau mungkin ada pengalaman horor lain dari para pembaca bisa dijadikan contoh cerpen singkat pengalaman pribadi?

8. Contoh Cerpen Singkat Islami

Contoh Cerpen Singkat Islami
Contoh Cerpen Singkat Islami

Setiap orang dari kita pasti pernah yang namanya terpuruk dalam suatu masalah bukan? Nah keterpurukan ketakukan yang kemudian menjauhkan diri kita dalam agama lantas membuat kita seakan asing dengan Tuhan Yang Maha Esa Allah swt.

Pengalaman tersebut bisa kita buat dan dijadikan contoh cerpen singkat tentang pengalaman pribadi seperti berikut ini.

Ada Tuhan

Nama ku Lia. Aku merasakan ketakutan yang mendalam dan tidak wajar hingga meruntuhkan optimisme ku. Sedangkan aku sendiri tidak mengerti darimana dan kapan semua ini berawal.

Aku sendiri hanyalah seorang gadis biasa. Aku bukanlah gadis yang kaya apalagi dari keluarga yang berpengaruh. Selain itu juga aku juga sosok murid yang pintar.

Dengan kondisiku yang demikian, apa yang bisa aku sombongkan? Walaupun aku hanya hanyalah gadis biasa, bukan berarti hidupku selalu menjadi benalu. Prinsipku bukanlah seperti itu. Bahkan setiap ada masalah selalu ku pendam sendiri. 

Lalu apakah orang seperti ku ini bisa dikatakan sombong, pengganggu, serta suka menghina orang lain? Kalian semua salah besar. 

Berbeda lagi jika kalian bilang kalau aku aku ini lemah dan penakut, maka aku akan bilang memang seperti itu diriku. Bahkan ketakutanku semakin tidak wajar saja. Ada rasa takut yang sangat besar menghantui kui. Aku tidak tahu dimana awalnya dan bagaimana semua ini berasal.

Apa yang kalian pikirkan jika ada orang yang melamun membayangkan dirinya bersama keluarga tercinta? Atau mungkin dia membayangkan sedang bercanda ria bersama teman-temannya?

Semua kebahagiaan, senyum, canda dan juga tawa hanya terlihat dalam lamunannya. Padahal kenyataannya dia hanya diam tanpa kata dengan tatapan kosong seakan memandang jauh tak tahu kemana.

Padahal kenyataannya dia sendiri tahu jika teman-temannya ada di sekitarnya. Keluarga yang diharapkan juga bersamanya. Semuanya sedang berusaha meramaikan suasana dengan celotehan dan sahut menyahut seakan tanpa jeda.

Jika kalian melihat orang seperti itu, apa yang terlintas di benak kalian? Mungkin kalian akan menganggap orang itu bodoh, gila dan sebagainya. Nah bagaimana jika orang itu adalah aku? 

Sebenarnya aku pun ingin bersenang-senang dan melewati hari-hari bersama mereka. Ingin ku berceloteh ria dengan senyum tulus kepada mereka. Ingin ku bercanda ria sehingga mereka semua tertawa kemudian sejenak lupa akan semua masalah yang mereka punya.

Sungguh aku sangat menginginkan hal seperti itu. 

Aku sudah mendapatkan semuanya. Semua yang kuinginkan dalam khayalanku sudah ada. Akan tetapi tetap saja aku hanya bisa diam dan malah merasa cemas diantara mereka.

Jika ini berada dalam sebuah film, mungkin aku akan menemui Harry Potter kemudian meminjam jubah gaib miliknya agar aku bisa menghilang dari dunia ini.

Namun, ini adalah sebuah kenyataan. Bukan sebuah dongeng atau cerita drama Korea.

Setiap hari dan setiap saat aku selalu bertanya kepada diriku dan juga Tuhanku.

“Apakah aku akan terus seperti ini?

Aku tidak pernah bisa menjawab pertanyaan yang kusampaikan pada diriku sendiri. Ribuan motivasi kubaca, akan tetapi aku pun tidak bisa menjawab satu pertanyaan yang muncul dari diriku sendiri.

Jika diriku tidak bisa menjawabnya, tetapi aku masih yakin seratus persen jika Tuhan pasti akan menjawabnya lewat waktu dan semesta-Nya. Bukankah Tuhan selalu memberikan petunjuk melalui ayat-ayat-Nya? 

Semua petunjuk yang sudah ada sejak ratusan ribu tahun silam. Lantas mengapa aku tidak menyadarinya? Mengapa malah diriku semakin menjauh dari-Nya? Sungguh hinanya diriku ini.

Ketika aku coba mengingat, mencari, membuka lembaran kitab suci yang telah lama kutinggalkan.

Pada saat itu aku menemukan ayat yang membuatku tersadar. Aku sendiri sudah mengetahui ayat itu sejak dahulu. Akan tetapi mengapa baru kali ini aku memikirkan maksud yang terkandung di dalamnya? Mengapa bukan sejak dahulu kala?

Memang penyesalan selalu tiba pada akhirnya, kalau pada awalnya mungkin bukan menyesal, tapi sadar.

Tiga ayat yang baru kupikirkan maksudnya setelah sekian lama adalah 

“Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” Surah al-Baqarah ayat 268.

“Maka, sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan.” Surah al-Insyirah Ayat 5.

“Sesungguhnya, Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa-apa yang ada pada diri mereka.” Surah al-Ra’d ayat 11.

Dari ketiga ayat di atas aku pun menyadari bahwa Tuhan selalu mengingatkanku melalui firman-Nya. Mengapa aku baru menyadarinya ketika aku menjauh dari-Nya. Aku hanya bisa berputus asa dan berteman mesra dengan rasa takut yang selalu ada.

Pada akhirnya, setiap kali aku berputus asa dan ingin menyerah, aku pun berkata” Tuhan selalu memberitahuku bahwa aku sanggup menyelesaikan masalahku. Tuhan tahu sejauh mana batas kemampuanku. Setiap kali cobaan menghampiriku, pasti akan selalu ada kemudahan yang menyertainya.

Tuhan selalu menyuruhku untuk menghadapi permasalahan agar segera bertemu dengan kemudahan.

Teruntuk kalian yang seagama dengan ku, bacalah ketiga ayat tersebut dan renungkanlah maksud dan tujuannya.

Kuharap buat yang seiman dengan ku bisa membaca ulang ketiga ayat tersebut kemudian merenungkannya. Kurasa ayat itu bisa membuat kalian bisa mendapatkan semangat hidup kembali. Tunjukkankanlah semangat hidup kalian dan aku akan sangat berterima kasih kepada kalian.

Nah buat yang berbeda keyakinan, jangan pernah putus asa, renungkan dan pikirkan kembali ayat-ayat dalam ajaran kalian. Aku yakin Tuhan kalian tidak akan meninggalkan kalian. Aku percaya bahwa setiap agama akan selalu mengajarkan pada kebaikan. Mari bersama mengingat Tuhan dan tersenyum kepada dunia.

Semenjak aku merenungkan ayat-ayat Tuhan, aku selalu berusaha sebisa ku. Karena itu merupakan tanggung jawabku. Meskipun aku masih sering menangis, rasa takut yang masih ada, aku bersyukur bahwa aku dianggap ada.

Tuhanlah yang paling mengerti segala yang kurasakan. Selalu tahu apa yang kusembunyikan. Aku tidak perlu memendam rasa takutku. 

Tak perlu ku tampakkan senyum palsu pada kalian. Aku hanya berusaha menjadi apa adanya di hadapan Tuhanku. Tidak peduli kalian mau berkata seperti apa.

“Sebesar apapun masalah kita. Seberat apapun beban yang kita jalani. Percayalah Tuhan selalu ada untuk kita” Itulah yang ku yakini sampai kapan pun.

Dengan mengetahui berbagai unsur, struktur, ciri-ciri serta fungsi cerpen dan ditambah dengan contoh cerpen singkat.

Kita bisa lebih mengetahui bagaimana mengidentifikasi unsur serta struktur cerpen singkat dan juga bisa membuat contoh cerpen singkat sendiri.

Leave a Comment