Contoh Artikel Ilmiah

Contoh Artikel Ilmiah Singkat – Kita setiap hari pastinya sudah sangat sering menemukan berbagai macam artikel. Entah itu artikel dalam bentuk offline atau online.

Artikel sendiri bisa berbentuk berita, opini, dan sebagainya. Dalam membuat artikel memiliki berbagai macam jenis atau teman. Entah itu artikel pendidikan, kesehatan, ilmiah dan lain sebagainya.

Penjelasan artikel adalah suatu tulisan atau karangan dengan nilai fakta yang tinggi dan biasanya ditulis dengan panjang lebar dan biasanya dipublikasikan melalui media offline maupun online.

Media offline yang dimaksud bisa berupa koran, buletin majalah dan sebagainya. Sedangkan media online bisa berupa web, blog, atau pun yang lainnya.   

Artikel dapat dibuat oleh banyak orang dengan menggunakan fakta dan data yang ada. Dalam membuat artikel, terkadang opini penulis juga ikut terlibat di dalamnya, tergantung keinginan penulis. Ketika kita menemukan artikel itu sendiri bisa jadi itu merupakan artikel ilmiah maupun artikel non ilmiah.

Untuk penjelasan artikel ilmiah adalah tulisan yang didalamnya berisikan fakta dan ilmu pengetahuan dengan tujuan untuk mendidik seseorang berdasarkan fakta penelitian yang ditemukan oleh penulis. Dalam membuat artikel ilmiah, penulis tidak menggunakan subjektivitas atau sudut pandang penulis.


Video Lengkap Cara Pembuatan Artikel Ilmiah dari Sumber yang Baku dan Terpercaya

Sedangkan artikel non ilmiah merupakan artikel yang di dalamnya tidak berisikan ilmu pengetahuan dan memiliki tujuan bukan untuk mendidik pembaca. Penulis menggunakan subjektivitasnya atau sudut pandang penulis dan biasanya lebih imajinatif serta fiktif.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih jauh bagaimana artikel ilmiah dan juga contoh contohnya.   

Pengertian Artikel Ilmiah

Pengertian Artikel Ilmiah
Pengertian Artikel Ilmiah

Pada keterangan di atas, sedikit kita singgung mengenai pengertian artikel itu sendiri. Lebih mendasar lagi, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artikel adalah suatu karya tulis yang dibuat secara secara lengkap.

Karya tulis tersebut bisa berupa essay, surat kabar atau yang lainnya. Sedangkan bila disandingkan dengan kata ilmiah akan lebih memberikan pengertian yang mengerucut.

Artikel ilmiah merupakan artikel atau tulisan yang berisi gagasan atau ide yang dihasilkan dari suatu penelitian dengan cara observasi pengamatan, pengkajian, dan evaluasi serta disajikan dalam bentuk yang terstruktur sesuai dengan metode ilmiah. 

Dalam membuat artikel ilmiah isinya pun dapat dipertanggungjawabkan dengan metode ilmiah. Dalam menulis artikel ilmiah pun memiliki cara atau kaidah yang berbeda.

Hal ini tentunya berbeda ketika kita membuat artikel biasa. Dalam membuat artikel ilmiah, kita harus memenuhi etika dan kaidah ilmiah.

Ciri ciri Artikel Ilmiah

Ciri ciri Artikel Ilmiah
Ciri ciri Artikel Ilmiah

Setelah kita mengetahui bagaimana pengertian artikel ilmiah, kita juga harus mengetahui apa saja ciri-ciri artikel ilmiah itu sendiri. Berikut ini ciri-ciri artikel ilmiah

  1. Artikel ilmiah lebih bersifat faktual dan objektif. Maksudnya dalam membuat artikel, kita hanya menampilkan fakta yang ada, bukan sekedar realita atau malah dongeng dan mitos. Selain itu, sebagai penulis kita tidak bisa melibatkan perasaan pribadi walaupun tulisan itu bertentangan dengan apa yang kita yakini.
  2. Artikel ilmiah menggunakan pemikiran yang logis dan empiris atau dapat dibuktikan kebenarannya.
  3. Artikel ilmiah bukan bertujuan untuk mempengaruhi pembaca, tetapi untuk mendidik pembaca agar mencari suatu fakta. Pengaruh dalam artikel ilmiah ini bukan menuntut pembaca agar meyakini kebenarannya, tetapi lebih dimaksudkan agar pembaca menilai sendiri kebenarannya.
  4.  Pembuatan artikel ilmiah digunakan untuk kepentingan ilmiah atau kepentingan ilmu pengetahuan.
  5. Artikel ilmiah ditulis secara sistematis dan terurut.
  6. Artikel ilmiah menggunakan hipotesis awal yang kemudian dilakukan analisis masalah atau pembahasan yang ada. Hipotesa ini bisa jadi benar bisa jadi salah karena merupakan beberapa kesimpulan awal sebelum melakukan pembahasan.
  7. Gaya bahasa artikel ilmiah menggunakan bahasa formal dan juga fokus dalam ilmu pengetahuan, walaupun tidak se kaku karya tulis ilmiah.
  8. Menggunakan bahasa yang eksplisit atau tegas. Bahasa yang ambigu dan berbelit-belit tidak diperkenankan dalam artikel ilmiah.
  9. Gaya penulisan artikel ilmiah menggunakan metode penulisan ilmiah agar bisa dibedakan mana yang artikel ilmiah mana yang bukan ilmiah atau non ilmiah.
  10. Artikel ilmiah ditulis dan dikembangkan berdasarkan referensi atau rujukan yang jelas. Oleh karena itu, artikel ilmiah selalu mencantumkan daftar pustaka atau bibliografi.

Syarat syarat Artikel Ilmiah

Syarat syarat Artikel Ilmiah
Syarat syarat Artikel Ilmiah

Setelah kita mengetahui lebih jelas mengenai ciri-ciri artikel ilmiah, selanjutnya kita juga harus mengetahui apa saja syarat-syarat membuat artikel ilmiah itu sendiri. Berikut syarat-syarat artikel ilmiah.

  1. Tulisan dalam artikel ilmiah harus original bukan hasil karya orang lain atau plagiat.
  2. Ide-ide atau gagasan dalam artikel ilmiah harus berdasarkan pada fakta dan juga referensi buku, jurnal atau yang lainnya dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 
  3. Penulisan artikel ilmiah harus objektif dan tidak berat sebelah.
  4. Artikel ilmiah merupakan respon atas kejadian atau problematika yang ada.
  5. Menggunakan bahasa yang lugas dan penulisan yang sistematis, meliputi judul, pendahuluan pembahasan dan penutup.
  6. Menggunakan penulisan dengan metode ilmiah.

Itu tadi sedikit syarat syarat dalam artikel ilmiah.

Model Penulisan Artikel Ilmiah

Model Penulisan Artikel Ilmiah
Model Penulisan Artikel Ilmiah

Dalam membuat artikel  juga terdapat beberapa model penulisan. Berikut model-model penulisan artikel yang perlu kita ketahui.

  1. Model Penulisan Populer

Model penulisan artikel yang pertama merupakan model penulisan populer. Dalam model penulisan populer, gaya bahasa yang digunakan lebih ringan dan tidak rumit. Bahasa yang digunakan merupakan bahasa yang santai dan juga bebas seperti yang dimuat dalam koran atau majalah.

  1. Model Penulisan Ilmiah

Bentuk atau model penulisan artikel selanjutnya merupakan model penulisan ilmiah. Model penulisan ini menggunakan bahasa yang baku dan resmi serta menggunakan kata atau diksi yang paling tepat. Bentuk atau model penulisan artikel ini cenderung lebih sulit dan membutuhkan pembelajaran khusus.

  1. Model Penulisan Ilmiah Populer

Model penulisan selanjutnya merupakan perpaduan antara penulisan ilmiah dan populer. Penulisan ini biasanya ditujukan untuk pembaca yang lebih luas. Dalam membuat artikel tetap menggunakan metode penulisan ilmiah, cuma dengan bahasa yang lebih sederhana agar dapat dimengerti banyak orang.

Cara Membuat Artikel Ilmiah

Cara Membuat Artikel Ilmiah
Cara Membuat Artikel Ilmiah

Sebelum kita membuat artikel ilmiah, terlebih dahulu kita harus mengetahui cara-cara membuat artikel ilmiah. Dalam membuat artikel ilmiah akan sedikit berbeda dengan artikel pada umumnya. Artikel ilmiah sendiri memiliki dua bentuk yakni artikel konseptual dan artikel penelitian.

Artikel konseptual sendiri merupakan artikel yang diangkat berdasarkan gagasan atau ide dari penulis. Sedangkan artikel penelitian merupakan artikel yang diangkat dari hasil riset atau penelitian.

Hal mendasar yang menjadi perbedaan merupakan landasan awal penulisan artikel, bisa dimulai dengan gagasan awal penulis tanpa melalui penelitian terlebih dahulu ataupun penulis membuat penelitian terlebih dahulu tanpa membuat konsepnya.

Kedua hal tersebut sebenarnya sama dalam pembuatannya. Berikut cara membuat artikel ilmiah.

1. Tentukan Tema Terlebih Dahulu

Ketika kita akan membuat artikel ilmiah, yang paling utama sebelum membuatnya adalah menentukan tema terlebih dahulu.

Tema merupakan bahasan utama yang akan kita tulis. Tema juga akan membantu kita agar lebih mudah menentukan judul artikel yang akan dibuat. 

Ketika membuat tema, kita harus memastikan dan dan merencanakan dengan matang serta melakukan melakukan observasi agar tema tersebut relevan dan mudah diterima.

2. Buat Outline atau Kerangka Tulisan

Sebelum kita membuat artikel ilmiah, terlebih dahulu harus disiapkan kerangka tulisan atau outline. Kerangka tulisan ini berisi tentang point-point apa saja yang akan kita tulis nantinya pada sebuah artikel.

Tujuan dari pembuatan kerangka tulisan agar nantinya artikel ilmiah kita menjadi lebih teratur dan sistematis.

Dalam kerangka tulisan ini dimuat sebagian besar perencanaan artikel yang akan kita buat. Setidaknya kita membuat sebuah tulisan “kasar” sebelum melangkah lebih dan detail terkait tema dan judul yang sudah kita buat tadi. 

Selanjutnya salah satu hal yang penting dalam membuat kerangka tulisan adalah temuan-temuan awal kita tentang problematika, teori, fakta dan hipotesis awal penelitian. Kita bisa membuatnya menjadi sub bab agar nantinya lebih mudah dalam menulis artikel ilmiah.

3. Memahami Bahasa Penulisan

Ketika kita membuat artikel ilmiah, kita juga harus memperhatikan gaya atau bahasa penulisan yang akan digunakan.

Dari segi bahasa sendiri, artikel ilmiah sangat berbeda dengan karya ilmiah. Artikel ilmiah lebih menggunakan bahasa yang sederhana karena sasaran pembacanya lebih luas atau universal.

Berbeda dengan karya ilmiah yang menggunakan bahasa yang terkesan lebih kaku kan formal. Lebih jauh, pada media tertentu, mereka terkadang memiliki gaya bahasa sendiri dalam membuat artikel ilmia.

Nah jika kita ingin membuat artikel ilmiah kemudian dikirimkan ke media tertentu, sebaiknya kita pelajari dahulu gaya bahasa dan penulisannya.

4. Membuat Pembukaan yang Menarik

Ketika kita akan membuat suatu artikel, baik itu artikel ilmiah atau bukan, kita sebaiknya membuat paragraf pembuka sebaik mungkin. Pada waktu kita membuat artikel ilmiah, paragraf pembuka sangat berperan besar untuk menarik minat pembaca agar melihat lebih jauh tulisan kita. 

Ketika membuat paragraf pembuka, sebaiknya kita membuat gambaran umum serta problem permasalahan yang diangkat dalam artikel ilmiah. Dalam membuat paragraf pembuka sebaiknya dikemas secara menarik dan sistematis.

Selanjutnya, hal yang tidak kalah penting adalah gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami agar pembaca tertarik dengan artikel ilmiah kita.

5. Tulis Isi Secara Sistematis 

Setelah kita membuat paragraf pembuka pada artikel ilmiah, selanjutnya persiapkan isi atau bahasan artikel itu sendiri. Dalam membuat isi artikel ilmiah, kita dituntut untuk membuat tulisan secara sistematis dan juga menggunakan bahasa yang jelas.

Kita tidak boleh menggunakan bahasa yang ambigu agar pembaca tidak kebingungan dengan maksud dan tujuan isi artikel. Pada bagian isi, kita harus menjabarkan analisis masalah, teori, fakta dan hasil penelitian yang telah kita lakukan.

Dalam membuat artikel ilmiah, kita dituntut untuk berfikir logis dan dapat dibuktikan. Dalam membuat artikel ilmiah, kita harus membuat pembahasan secara sistematis, seperti penomoran atau pun sub bab.

Ada hal yang tidak kalah pentingnya dalam membuat artikel ilmiah. Selain tulisan yang harus objektif, kita juga harus menuliskan referensi yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

6. Menulis Penutup yang Kuat

Setelah kita menulis isi artikel ilmiah dan melakukan pembahasan secara mendalam, pastinya dibutuhkan penutup atau kesimpulan dari tulisan.

Pembahasan yang dimaksud merupakan paparan sub bab yang telah kita buat. Selanjutnya kita perlu juga membuat penutup berupa inti atau rangkuman menyeluruh. 

Rangkuman ini dibuat dengan singkat dan jelas agar pembaca mudah memahaminya dan tidak menimbulkan pemahaman baru.

Selain rangkuman, kita juga harus meminta pembaca untuk memberikan masukan berupa kritik atau saran jika terdapat kekurangan atau pun yang lainnya.

7. Melakukan Penyuntingan 

Point terakhir yang tidak kalah pentingnya, setelah hasil tulisan artikel ilmiah kita selesai, jangan lupa untuk meneliti ulang. Meneliti ulang ini sangat berguna untuk meminimalisir kesalahan yang kita buat sewaktu menulis.

Kesalahan ini bisa berupa salah tulis, penempatan sub bab yang kurang tepat sampai bahkan mengecek ulang pembahasan yang sudah direncanakan.

Dengan adanya penyuntingan ini akan sangat berguna untuk melihat kualitas karya kita dan mengetahui letak kesalahan dalam penulisan. Penyuntingan ini sangat berguna sebelum karya kita dipublikasikan. 

Karya yang sudah kita sunting kemudian bisa dikirim ke media yang dituju. Meskipun demikian, karya kita tetap akan masuk dalam editorial media untuk diteliti lebih jauh apakah karya kita masuk kriteria media tersebut atau tidak. \

Penyuntingan yang kita lakukan sendiri tidak ada salahnya dilakukan untuk mengetahui letak kesalahan tulisan kita.

Jenis dan Cara Penulisan Artikel Ilmiah

 Jenis dan Cara Menulis Artikel Ilmiah
Jenis dan Cara Menulis Artikel Ilmiah

Dalam membuat suatu artikel ilmiah, kita juga harus memperhatikan jenis dan cara penulisan itu sendiri. hal ini berguna agar pembaca menjadi mudah memahami gagasan atau peristiwa yang sedang kita bahasa. 

Berikut ini beberapa cara penulisan artikel ilmiah yang sering digunakan.

  1. Argumentasi

Dalam menulis artikel ilmiah, kita bisa membuat tulisan berdasarkan fakta atau buku referensi dengan tujuan untuk membuktikan kebenaran suatu permasalahan.

Pembuktian ini bisa berupa sanggahan atau pembenaran yang disertai dengan bukti atau fakta. Tujuan penggunaan argumentasi ini agar pembaca dapat percaya dengan pendapat kita dalam suatu tulisan.

  1. Deskripsi

Selain argumentasi, deskripsi masalah juga sangat penting untuk ditampilkan. Bagaimana kita mengangkat masalah jika tidak dapat di deskripsikan.

Penggambaran problem atau masalah ini bertujuan agar seolah-olah pembaca mendengar, melihat dan merasakan apa yang menjadi kegelisahan kita yang kemudian dituangkan dalam suatu artikel. 

  1. Eksposisi

Setelah kita mendeskripsikan suatu masalah, kita juga harus menjelaskan secara runtut dimulai dari topik, permasalahan, hipotesis, sampai pada kesimpulan.

Hal ini berguna untuk memberi tambahan informasi yang ada kepada pembaca. Tambahan itu bisa berupa grafik, gambar dan sebagainya yang mudah dipahami oleh pembaca.  

  1. Persuasi

Dalam artikel ilmiah, cara penulisan persuasif juga sering dilakukan. Artikel ilmiah memang tidak digunakan untuk mempengaruhi pembaca, tetapi biarkan pembaca terpengaruh dengan tulisan kita.

Cara mempengaruhi pembaca berbeda dengan artikel pada umumnya. Kita bisa mempengaruhi pembaca dengan menggunakan argumen-argumen yang sudah kita tampilkan dan disertai dengan bukti-bukti nyata

  1. Narasi

Selain mendeskripsikan suatu permasalahan yang ditulis, kita juga bisa menarasikan permasalahan agar pengalaman kita sebagai penulis juga bisa dirasakan oleh pembaca.

Penggunaan kata dan bahasa yang digunakan sangat berperan penting dalam sebuah tulisan. Penggunaan bahasa yang tepat akan membuat pembaca memahami tulisan yang kita buat.  

Dalam artikel ilmiah selain model penulisan juga ada jenis penulisan. Jenis penulisan artikel ilmiah diantaranya sebagai berikut.

  1. Artikel prediktif adalah sebuah artikel yang memungkinkan penulis untuk membuat prediksi dari permasalahan yang terjadi. Prediksi ini dengan menganalisa permasalahan dan kemudian kita sebagai penulis membuat beberapa kemungkinan yang akan terjadi.
  2. Artikel eksploratif adalah artikel ini ditulis dengan menyebutkan fakta-fakta permasalahan sesuai dengan sudut pandang atau kejadian yang dialami penulis.
  3. Artikel Deskriptif adalah sebuah artikel ini ditulis dengan tujuan untuk menggambarkan suatu masalah atau konflik yang terjadi.
  4. Kemudian yang keempat adalah artikel eksplanatif. Artikel eksplanatif adalah sebuah artikel yang menjelaskan suatu kejadian kepada pembaca dengan sudut pandang penulis.Tujuan dari artikel eksplanatif untuk memaparkan sekaligus membahas serta mengkaji permasalahan yang ada agar pembaca mengetahui dan memahami secara mendetail.

Kumpulan Contoh Artikel Ilmiah Singkat

Pada umumnya artikel ilmiah menggunakan model penulisan deskriptif dengan menjelaskan topik dan teman secara mendetail. Artikel ilmiah biasanya diterbitkan dalam jurnal ilmiah.

Artikel ilmiah tersusun secara sistematis dengan fakta dan data yang ada. Untuk lebih mudahnya, kita bisa melihat contoh artikel ilmiah kesehatan, pendidikan maupun populer lainnya.

Berikut ini contoh artikel ilmiah bahasa indonesia yang benar dan lengkap dalam bentuk pdf yang bisa temen-temen download. Semoga bisa menjadi referensi temen-temen semua dalam membuat contoh artikel ilmiah yang benar dan lengkap.

1. Contoh Artikel Ilmiah Kesehatan

Contoh Artikel Ilmiah Kesehatan
Contoh Artikel Ilmiah Kesehatan

Sebelum kita membicarakan lebih jauh tentang bagaimana contoh artikel ilmiah kesehatan, terlebih dahulu perlu diketahui bersama bahwa artikel ilmiah kesehatan merupakan artikel khusus yang membahas tentang kesehatan. 

Pembahasan dalam artikel ilmiah kesehatan ini bisa berupa tata cara menjaga kesehatan, pola hidup sehat, penyakit tertentu dan bahkan juga manfaat menjaga kesehatan dan segala yang berhubungan dengan kesehatan.

Berikut ini contoh artikel kesehatan yang bisa kita gunakan.

Hidup Sehat dengan Rajin Cuci Tangan

Menjaga kesehatan tidak selalu dengan harga yang mahal. Kita bisa menjaga kesehatan bahkan dengan hal yang sangat sederhana dan terkadang sering membuat kita lupa.

Hal sederhana itu adalah rajin cuci tangan. Mencuci tangan bisa kita jadikan sebagai gaya hidup agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit.

Kita sudah mengetahui bersama jika tangan merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital. Tangan digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Tangan bisa membuat karya yang indah, namun juga bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Berbagai benda yang kita sentuh bisa jadi benda tersebut mengandung kuman atau bakteri. Benda-benda yang ada di sekitar kita juga tak luput dari berbagai macam bakteri atau kuman.

Misalnya saja bolpoint, handphone, laptop, gagang pintu, dan sebagainya. Benda-benda tersebut bisa jadi sudah terkena virus atau bakteri dan juga sudah sering kita pegang.

Untuk melakukan pencegahan, sebaiknya kita rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama ketika akan makan, baik itu sebelum atau sesudah makan. Banyaknya virus yang bermunculan ini membuat cuci tangan menjadi salah satu cara untuk melakukan pencegahan.

Mencuci tangan memiliki banyak manfaat. Manfaat ini sudah banyak diakui sejak lama. Akan tetapi pada kenyataannya masih banyak orang yang malas untuk mencuci tangan.

Padahal sering diketahui, tangan kita sering kali menyentuh berbagai benda. Benda-benda itu bisa jadi sudah dipenuhi kuman, bakteri dan kotoran serta siap untuk memasuki tubuh kita

Kuman sendiri ketika masuk ke dalam tubuh kita, tidak melulu selalu lewat mulut. Bisa jadi kuman tersebut lewat melalui kontak tangan dengan mata, hidung, atau bahkan dengan tangan itu sendiri.

Berbagai macam kuman yang masuk bisa menjadi berbagai penyakit, seperti diare, flu, dan sebagainya.

Mencuci tangan menjadi hal yang wajib ketika akan dan sesudah menyiapkan makanan. Ketika kita akan menyiapkan makanan, apalagi jika yang kita persiapkan adalah daging mentah, baik itu ikan, ayam, atau yang lainnya, segera cuci tangan setelah menyentuhnya.

Selain menyiapkan makanan, ketika kita bersin atau batuk, menyentuh hidung, memegang luka serta menangani orang sakit, jangan lupa untuk segera mencuci tangan.

Ketika selesai melakukan kegiatan, sebaiknya kita selalu mencuci tangan agar kuman atau penyakit yang ada tidak mudah masuk ke diri kita.

Begitu juga sebaliknya, kita tidak menyebarkan kotoran dan kuman kepada orang lain, terutama keluarga yang kita sayangi. Maka dari itu, kita harus rajin mencuci tangan agar kita dapat melindungi orang-orang dan keluarga yang kita sayangi.

Itulah contoh artikel ilmiah singkat tentang kesehatan. Berikut ini Contoh Artikel Ilmiah Kesehatan PDF bahasa indonesia yang benar dan lengkap bisa download disini atau contoh lain disini.

2. Contoh Artikel Ilmiah Pendidikan

Contoh Artikel Ilmiah Pendidikan

Contoh artikel ilmiah pendidikan merupakan contoh kedua setelah kesehatan. Artikel ilmiah pendidikan merupakan artikel yang berisi tentang pendidikan. Pendidikan ini bisa pendidikan formal maupun pendidikan non formal. 

Artikel ilmiah pendidikan biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Isi dari artikel membahas seputar dunia pendidikan, baik itu pengajaran, belajar mengajar, atau juga materi yang dapat dibuat dan diambil makna pembelajaran itu.
  2. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan lengkap.
  3. Mempunyai dampak yang besar terhadap pendidikan karena memiliki manfaat dan pelajaran-pelajaran untuk dunia pendidikan.

Berikut ini merupakan contoh artikel ilmiah pendidikan

Membangun Peradaban Bangsa dengan Pendidikan Karakter

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting di dunia. Orang-orang perlu belajar dengan giat dan mempelajari segala sesuatu dalam dunia pendidikan agar dapat membangun negaranya menjadi negara yang maju.

Pada masa sekarang, memang tidak dapat dipungkiri jika gelar pendidikan yang kita punya akan menentukan segala jenis pekerjaan kita.

Akan tetapi, gelar akademik saja tidak akan cukup, perlu juga membangun karakter yang baik. Dengan karakter pribadi yang baik, maka gelar akademik yang sudah kita miliki menjadi daya tawar tersendiri bagi banyak orang. 

Sementara itu, proses pendidikan sendiri masih banyak mengejar aspek kognitifnya daripada aspek psikomotoriknya.

Masih banyak pendidik atau guru yang mengajar di sekolah hanya menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi suatu formalitas pekerjaan saja. Proses belajar mengajar ini lebih terlihat pada sisi formalitas belaka tanpa melihat karakter masing-masing anak.

Menemukan guru-guru yang mengajarkan bagaimana menjadi seorang yang baik, etika-etika serta mendidik karakter anak masih sangat jarang ditemukan. Bagi banyak orang, guru merupakan sebuah pekerjaan tanpa dibarengi tanggung jawab mendidik karakter anak.

Di dalam buku tentang Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences), Daniel Goleman menjelaskan kepada kita bahwa kecerdasan emosional dan sosial sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan. Kebutuhan menggunakan kecerdasan emosional dan sosial mencapai 80%.

Berbeda dengan kecerdasan intelektual. Di Sekolah, kecerdasan intelektual menjadi hal yang sangat utama dibandingkan dengan kecerdasan emosional dan sosial. 

Sementara itu, kecerdasan intelektual dalam kehidupan hanya mencapai 20% saja. Sangat jauh daripada kecerdasan emosional dan sosial.

Dari sinilah pendidikan karakter sangat diperlukan agar peradaban bangsa menjadi lebih baik dan beradab. Jangan sampai bangsa kita diisi oleh orang-orang tanpa adab dan biadab.

Ada banyak pilar-pilar karakter yang harus ditanamkan pada peserta didik, terutama anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Salah satu pilar karakter yang harus ditanamkan pada anak adalah kejujuran.

Kejujuran perlu dilatih dan diajarkan sejak dini, bukan hanya pada anak, tetapi juga bagi kita semua. Kejujuran merupakan benteng atau pondasi diri kita dari semuanya.

Selain kejujuran, masih ada pilar karakter lain yang harus diajarkan kepada murid-murid, yakti perilaku keadilan. Dewasa ini, perilaku keadilan semakin dipertanyakan.

Ada berbagai macam kasus di negeri ini yang tidak berpihak pada keadilan. sering kali kasus yang ada selalu berat sebelah dalam penyikapan.

Selain keadilan, masih ada pilar-pilar karakter lain yang harus diajarkan pada anak. Karakter tersebut merupakan rasa hormat. Dengan adanya rasa hormat, anak-anak dan juga kita akan lebih menghormati dan dan menghargai orang lain.

Bukan hanya sifat egois yang dikedepankan. Sebagai contoh, anak-anak akan menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, bukan malah menindasnya.

Dengan adanya pilar-pilar karakter tersebut, anak-anak akan saling menghargai setiap ide dan juga tepat dalam mengambil keputusan.

Pendidikan karakter jika diterapkan lebih dalam akan membuat anak-anak menjadi pribadi yang lebih baik. Pribadi yang baik ini tentunya juga harus mendapat dukungan, baik dalam keluarga, sekolah, maupun masyarakat.

Hal ini karena pendidikan bukan hanya tanggung jawab guru saja, tetapi tanggung jawab kita bersama untuk mendidik generasi yang lebih baik.

Itulah contoh artikel ilmiah singkat tentang pendidikan. Berikut ini Contoh Artikel Ilmiah Pendidikan yang benar dalam bahasa indonesia lengkap bisa download pdf disini atau bisa juga klik disini untuk contoh pdf lain.

3. Contoh Artikel Ilmiah Populer

Contoh Artikel Ilmiah Populer

Selain artikel kesehatan dan pendidikan, masih ada artikel lain yang dibuat berdasarkan kejadian atau isu-isu yang sedang dibahas. Artikel ini biasa disebut artikel ilmiah populer.

Artikel ini selalu memiliki daya tarik tersendiri, seperti yang dimuat dalam koran, media elektronik atau yang lainnya dengan kemasan mudah dipahami oleh pembaca. 

Bentuk dari Artikel ilmiah populer sangat mudah dijumpai karena memiliki tenggang waktu. Tenggang waktu tersebut berkaitan dengan kepopuleran tema yang kita angkat.

Berikut ini contoh artikel populer 

Fenomena Media Sosial

Media sosial bukanlah hal asing di hadapan kita. Kita sudah sering bersentuhan dan bahkan tidak bisa terlepas dari yang namanya media sosial. Media sosial seakan menjadi makanan pokok bagi kita. 

Media sosial terus berkembang dengan pesatnya. Hanya dengan satu genggaman tangan berupa smartphone, kita dapat mengetahui berbagai macam hal. Informasi-informasi yang ada pun bisa bermacam-macam tanpa adanya pilihan mana yang benar dan mana yang salah.

Media sosial pun menjadi pro kontra karena banyaknya konten-konten yang tidak di cek terlebih dahulu kebenarannya sebelum di share ulang. Hal ini karena banyaknya orang yang kurang bijak dalam memanfaatkan media sosial.

Dalam memanfaatkan media sosial, kita sangat perlu untuk menyaring berbagai macam informasi agar media sosial menjadi media yang positif, bukan negatif. 

Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menyikapi media sosial

Kita perlu melakukan kontrol dalam menggunakan media sosial. Kontrol ini baik untuk diri sendiri maupun orang-orang disekitar kita.

Entah orang itu teman, tetangga, saudara atau yang lainnya. Kontrol itu bisa dengan cara mengingatkan etika dan tatakrama dalam bermedia sosial. 

Selalu memfilter setiap informasi yang masuk agar informasi tersebut bisa dicek kebenarannya. Jika informasi tersebut benar dan bermanfaat, kita bisa membagi ulang agar orang lain dapat mengetahuinya.

Akan tetapi jika ternyata informasi itu salah dan tidak benar, kita bisa mendiamkannya dengan tidak ikut membagikannya agar informasi palsu atau hoax tersebut tidak menyebar. 

Selain mendiamkannya, kita juga bisa membuat klarifikasi bahwa berita atau informasi tersebut bohong atau hoax. Hal ini karena hoax merupakan musuh kita bersama dan harus kita lawan.

Itulah contoh artikel ilmiah singkat yang sedang populer. Berikut ini Contoh Artikel Ilmiah Populer lengkap yang benar dalam bahasa indonesia. Bisa download pdf disini.

Demikian beberapa penjelasan tentang artikel ilmiah, mulai dari pengertian, ciri-ciri artikel ilmiah serta contoh artikel ilmiah singkat.

Semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bisa dijadikan sebagai referensi ketika membuat artikel ilmiah. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment